Desain Masjid: Cek Kembali Arah Qiblat (saat matahari berada tepat di atas Ka’bah)

Menentukan Arah Kiblat Dengan Mudah (Tanpa Kompas & Tanpa Angka)

Para ahli astronomi menyatakan bahwa dalam setahun terdapat 2 hari dimana matahari akan berada tepat di atas Masjidil Haram, 28 Mei pukul 16:18 WIB dan tanggal 16 Juli pukul 16:27 WIB.

Bila posisi matahari tepat di atas Ka’bah, maka semua benda yang kita berdirikan tegak lurus dan terkena sinar matahari akan menghasilkan bayangan yang bertentangan ke arah Ka’bah. Maka dengan mudah kita akan dapat membuat garis yang mengarah ke Ka’bah melalui garis bayangan yang mengarah kearah matahari tersebut. Sayangnya pada jam tersebut tidak semua permukaan bumi sedang siang hari, sehingga untuk daerah yang mengalami malam hari tidak akan dapat menikmatinya. Alhamdulillah kondisi yang sebaliknya ternyata juga terjadi, yakni pada tanggal 28 November 21:09 UT (29 November 04:09 WIB) dan 16 Januari 21:29 UT (17 Januari 04:29 WIB) , matahari akan berada tepat di atas permukaan bumi yang koordinatnya (bila kita lihat bola dunia) tepat di bawah Ka’bah. Keuntungan yang sama dapat kita ambil dari situasi ini.

Sumber: http://agusza.its-sby.edu/nikki/2008/09/19/matahari-di-atas-kabah

Informasi lebih lengkap untuk menentukan arah Qiblat dengan menggunakan Google Earth bisa di klik di: http://wiretes.wordpress.com/2009/02/10/menentukan-arah-kiblat-dengan-bantuan-google-earth/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Skip to toolbar