Seminar nasional PENDIDIKAN ARSITEKTUR

Seminar nasional PENDIDIKAN ARSITEKTUR

“KURIKULUM PENDIDIKAN ARSITEKTUR MENGHADAPI MASA DEPAN”

Pendahuluan
Trend pendidikan telah berubah dari schooling (teacher-centered content-oriented) ke arah learning (student-centered learning), sejalan dengan visi dan aksi pengembangan pendidikan tinggi abad 21 yaitu learning how to know, learning to do , learning to be, learning how to live together, serta asas learning throughout life.
Pendidikan mengarah pada pencapaian target kompetensi peserta didik menjadi terdidik di bidangnya, praktisi dan mampu memberikan pengaruh secara sosial.

Pendidikan arsitektur tidak hanya dihadapkan permintaan pasar kerja namun harus mampu menjawab visi ilmiah agar dapat menyiapkan lulusan dalam tataran menciptakan lapangan kerja.

Muatan kurikulum semestinya berisi kajian sesuai tuntutan kompetensi dan mampu mengantisipasi
perubahan bidang kerja (profesi) serta menciptakan peluang timbulnya bidang kerja baru.

Dalam upaya evaluasi pendidikan arsitektur menghadapi tantangan tersebut, Jurusan Arsitektur FT UNS mengadakan SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN ARSITEKTUR dengan tema KURKULUM PENDIDIKAN ARSITEKTUR MENGHADAPIMASADEPAN.

Moment ini merupakan kesempatan yang besar dalam melakukan tukar menukar pemikiran, pengalaman, dan konsep guna kemajuan pendidikan arsitektur Indonesia. Harapannya mampu menghasilkan masukan yang bermanfaat untuk mengevaluasi kurikulum pendidikan arsitektur, dan akhirnya dapat diterjemahkan
dalam bahan kajian untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi handal.

3 Responses to “Seminar nasional PENDIDIKAN ARSITEKTUR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Skip to toolbar